Nama - Nama Hari Dalam Bahasa Jepang

Nama Hari Dalam Bahasa Jepang dan Artinya






Nama Hari Dalam Bahasa Jepang – Ketika belajar bahasa jepang, terdapat kosakata keterangan waktu yang harus dihafalkan. Seperti penunjuk jam, nama-nama hari, bulan, dan tahun. Nah, pada kesempatan kali ini akan dibahas tentang nama-nama hari dalam bahasa Jepang beserta artinya.

Sebelum mempelajari nama-nama hari, perlu diketahui bahwa pada kalender Jepang, hari pertama dalam satu minggu dimulai dari hari minggu, senin sebagai hari kedua, dan seterusnya. Meskipun begitu, banyak orang Jepang yang menyatakan hari pertama dimulai hari senin bukan minggu.

Pelajaran mengenai nama hari merupakan materi dasar dalam belajar bahasa Jepang. Meskipun begitu, nama-nama hari ini sangat penting untuk dipelajari. Karena sering digunakan pada kalimat tanya dalam percakapan kehidupan sehari-hari di Jepang.

Nama Hari Dalam Bahasa Jepang

Secara umum, dalam satu minggu terdapat tujuh nama hari. Sama halnya di Jepang, penamaan hari dalam bahasa Jepang sangat sederhana dan mudah untuk diingat. Dan berikut merupakan ketujuh nama hari dalam bahasa Jepang dimulai dari senin sampai Minggu beserta penulisannya dalam huruf hiragana dan juga kanji.

  • 月曜日 = げつようび getsuyoubi (Senin)
  • 火曜日 = かようび kayoubi (Selasa)
  • 水曜日 = すいようび suiyoubi (Rabu)
  • 木曜日 = もくようび mokuyoubi (Kamis)
  • 金曜日 = きんようび kinyoubi (Jum’at)
  • 土曜日 = どようび doyoubi (Sabtu)
  • 日曜日 = にちようび nichiyoubi (Minggu)

Untuk memudahkan dalam menghafal nama-nama hari dalam bahasa Jepang, kita dapat memperhatikan huruf kanjinya saja tanpa mengeja youbi (hari). Yaitu 月, 火, 水, 木, 金, 土, 日 (getsu, ka, sui, moku, kin, do, nichi) yang berarti senin, selasa, rabu, kamis, jumat, sabtu, dan minggu.

Arti Kanji Dalam Nama Hari Bahasa Jepang

Coba perhatikan penulisan kanji pada nama-nama hari di atas, ternyata huruf kanji yang digunakan untuk menuliskan nama hari dari senin sampai minggu tersebut diambil dari unsur-unsur alam, berikut penjelasannya.

月 (getsu)

Senin : getsu youbi
Hiragana : げつようび
Katakana : ゲツヨウビ
Kanji : 月曜日
Arti : bulan

月 (gestu) adalah huruf kanji yang artinya bulan. Kanji ini dibaca getsu/gatsu dengan cara onyomi (serapan bahasa tionghoa). Sedangan dengan cara kunyomi (bahasa Jepang asli) dibaca tsuki.

火 (ka)

Selasa : ka youbi
Hiragana : かようび
Katakana : カヨウビ
Kanji : 火曜日
Arti : api

火 (ka) adalah huruf kanji yang artinya api. Kanji ini dibaca ka dengan cara onyomi (serapan bahasa tionghoa). Sedangan dengan cara kunyomi (bahasa Jepang asli) dibaca hi.

水 (sui)

Rabu : sui youbi
hiragana : すいようび
katakana : スイヨウビ
kanji : 水曜日
Arti : air

水 (sui) adalah huruf kanji yang artinya air. Kanji ini dibaca sui dengan cara onyomi (serapan bahasa tionghoa). Sedangan dengan cara kunyomi (bahasa Jepang asli) dibaca mizu.

木 (moku)

Kamis : moku youbi
hiragana : もくようび
katakana : モクヨウビ
kanji : 木曜日
Arti : pohon

木 (moku) adalah huruf kanji yang artinya pohon. Kanji ini dibaca moku/boku dengan cara onyomi (serapan bahasa tionghoa). Sedangan dengan cara kunyomi (bahasa Jepang asli) dibaca ki.

金 (kin)

Jumat : kin youbi
Hiragana : きんようび
Katakana : キンヨウビ
Kanji : 金曜日
Arti : emas atau uang

金 (kin) adalah huruf kanji yang artinya emas atau uang. Kanji ini dibaca kin dengan cara onyomi (serapan bahasa tionghoa). Sedangan dengan cara kunyomi (bahasa Jepang asli) dibaca kane.

土 (do)

Sabtu : do youbi
Hiragana : どようび
Katakana :ドヨウビ
Kanji : 土曜日
Arti : tanah

土 (do) adalah huruf kanji yang artinya tanah. Kanji ini dibaca do dengan cara onyomi (serapan bahasa tionghoa). Sedangan dengan cara kunyomi (bahasa Jepang asli) dibaca tsuchi.

日 (nichi)

Minggu : nichi youbi
Hiragana : にちようび
Katakana : ニチヨウビ
Kanji : 日曜日
Arti : matahari

日 (nichi) adalah huruf kanji yang artinya matahari. Kanji ini dibaca nichi/ni/jitsu dengan cara onyomi (serapan bahasa tionghoa). Sedangan dengan cara kunyomi (bahasa Jepang asli) dibaca hi/bi/ka.

Demikianlah pembahasan mengenai nama hari dalam bahasa Jepang. Semoga bermanfaat dalam belajar bahasa Jepang.

0 Response to "Nama - Nama Hari Dalam Bahasa Jepang"

Posting Komentar